dinadonk

this is dinadonk blog.com

Friday, November 26, 2004

a woman

A WOMAN SHOULD HAVE ...
one old love she can imagine going back to.. and one who reminds her how far she has come...

A WOMAN SHOULD HAVE ...
enough money within her control to move out and rent a place of her own even if she never wants to or needs to...

A WOMAN SHOULD HAVE ..
something perfect to wear if the employer or date of her dreams wants to see her in an hour...

A WOMAN SHOULD HAVE ..
a youth she's content to leave behind...

A WOMAN SHOULD HAVE ...
a past juicy enough that she's looking forward to retelling it in her old age...

A WOMAN SHOULD HAVE ...a set of screwdrivers, cordless drill, and a black lace bra...

A WOMAN SHOULD HAVE ..
one friend who always makes her laugh... and one who lets her cry...

A WOMAN SHOULD HAVE ...
a good piece of furniture not previously owned by anyone else in her family..

A WOMAN SHOULD HAVE ...
eight matching plates, wine glasses with stems, and a recipe for a meal that will make her guests feel honoured..

A WOMAN SHOULD HAVE ...
a feeling of control over her destiny...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW ..
how to fall in love without losing herself...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ..
how to quit a job, break up with a lover, and confront a friend without ruining the friendship... and how to change a tire!!!!!!!

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ...
when to try harder... and when to walk away...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ...
that she can't change the length of her calves, the width of her hips, or the nature of her parents...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ...
that her childhood may not have been perfect...but its over...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ...
what she would and wouldn't do for love or more...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ..
how to live alone... even if she doesn't like it...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ...
whom she can trust, whom she can't, and why she shouldn't take it personally...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW... ...
where to go... be it to her best friend's kitchen table.. or a charming inn in the woods... when her soul needs soothing...

EVERY WOMAN SHOULD KNOW...
what she can and can't accomplish in a day.. a month...and a year...

Gandhi dan Cinta

Kata-kata Gandi tentang cinta : "kalau orang mesih berhasil menulis lewat huruf hiroglif, maka cinta akan menulis dalam pilihan ruang kebenaran yang tidak terjamah".
Nah jadi cinta dan perkawinan itu bukan soal fisik (jamah) tapi kebenaran dalam kejujuran menmukan kesesuaian.

ABRAHAM LINCOLN

Ada sebuah kisah klasik tentang Abe Lincoln yang dengan jelas membuktikan, bahwa kasih itu praktis, bahwa rekonsiliasi itu mungkin, dan bahwa pengampunan adalah obat penawar luka kemanusiaan yang paling mujarab.
Kisahnya adalah ketika Abe melakukan kampanye kepresidenan. Saingannya yang paling utama adalah seorang yang bernama Stanton. Stanton ini sangat membenci Lincoln. Ia memakai setiap kesempatan sekecil apa pun untuk menjatuhkan musuhnya, kalau perlu dengan fitnah. Tapi akhirnya Abe yang terpilih.
Ketika tiba saatnya presiden terpilih tersebut menentukan susunan kabinetnya, ia membuat pembantu - pembantu terdekatnya terhenyak, terutama tatkala ia memilih Stanton sebagai menteri yang memegang posisi terpenting waktu itu, yaitu menteri peperangan. Penasihat demi penasihat bergantian mengingatkan Lincoln, memprotes pilihan sang presiden. Tapi Lincoln tetap pada pendiriannya.
Sikap kenegarawanannya nampak sekali ketika ia berkata, "Ya, saya tentu mengenal Tuan Stanton, serta menyadari semua hal buruk yang pernah ia katakan mengenai saya. Tapi setelah mempertimbangkan kebaikan seluruh negara, saya tiba pada kesimpulan bahwa ialah orang yang paling baik untuk jabatan tersebut."
Pilihan Lincoln terbukti tidak meleset. Stanton menjadi menteri yang paling baik, dan pembantu Lincoln yang paling setia. Ketika beberapa tahun kemudian, Abe mati terbunuh, dari semua komentar terbaik tentang Lincoln, komentar Stanton adalah yang terbaik. Ia berkata, "Lincoln akan tetap hidup dari masa ke masa," "He now belongs to the ages."
Kehebatan kuasa kasih juga diperlihatkan oleh Lincoln, dengan kata-katanya yang tetap lembut kepada lawan-lawannya, juga sewaktu permusuhan antara Utara dan Selatan sedang keras-kerasnya. Ketika seorang wanita bertanya, bagaimana ia dapat melakukannya, Abe menjawab, "Nyonya, bukankah aku justru menghancurkan musuh-musuhku, ketika aku mampu mengubah mereka menjadi teman?"

An eye for eye only ends up making the whole world blind. -- Mahatma Gandhi Revenge is often like biting a dog because the dog bit you. -- Austin O'Malley God has a Big Eraser. -- Billy Zeoli Forgiveness is the final form of love.-- Reinhold Niebuhr

apa itu cinta

Apa itu cinta ?
Jika kita mencintai seseorang, kita akan senantiasa mendo'akannya
walaupundia tidak berada disisi kita.
Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk
memegang,dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat.
Tetapi mengapa Tuhanhanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah
memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya.

ItulahCinta...
Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba.
Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi, jika kamu masih tidak dapat melupakannya.
Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan, walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan Kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya. Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterimakasih atas karunia tersebut.
Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat dan kemarahan menjadi rahmat. Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi
lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki
keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Seandainya kamu ingin mencintai atau memiliki hati seorang gadis, ibaratkanlah seperti menyunting sekuntum mawar merah. Kadangkala kamu mencium harum mawar tersebut, tetapi kadangkala kamu terasa bisa duri mawar itu menusuk jari.
Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang
yang sangat berarti bagimu, hanya untuk menemukan bahwa pada akhirnya
menjadi tidak berarti dan kamu harus membiarkannya pergi.
Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehingga kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna penyesalan karena perginya tanpa berkat lagi.
Cintailah seseorang itu atas dasar siapa dia sekarang dan bukan siapa dia sebelumnya. Kisah silam tidak perlu diungkit lagi, kiranya kamu benar-benar mencintainya setulus hati.
Hati-hati dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak, jika cintanya itu disambut oleh para pecinta PALSU.
Kemungkinan apa yang kamu sayangi atau cintai tersimpan keburukan didalamnya dan kemungkinan apa yang kamu benci tersimpan kebaikan didalamnya.
Cinta kepada harta artinya bakhil, cinta kepada perempuan artinya alam, cinta kepada diri artinya bijaksana, cinta kepada mati artinya hidup dan cinta kepada Tuhan artinya Takwa.

Lemparkan seorang yang bahagia dalam bercinta kedalam laut, pasti ia
akan membawa seekor ikan.
Lemparkan pula seorang yang gagal dalam bercinta ke dalam gudang roti, pasti ia akan mati kelaparan.
Seandainya kamu dapat berbicara dalam semua bahasa manusia dan alam, tetapi tidak mempunyai perasaan cinta dan kasih, dirimu tak ubah seperti gong yang bergaung atau sekedar canang yang gemericing.
Cinta adalah keabadian... dan kenangan adalah hal terindah yang pernah dimiliki.
Siapapun pandai menghayati cinta, tapi tak seorangpun pandai menilai cinta karena cinta bukanlah suatu objek yang bisa dilihat oleh kasat mata, sebaliknya cinta hanya dapat dirasakan melalui hati dan perasaan.
Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan
meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dahsyatnya cinta. Cinta sebenarnya adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi
dirinya sendiri dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika
tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan didalam
dirinya. Kamu tidak akan pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. Namun apabila
sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya. Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut kemulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat
menilai kesuciannya.

Bercinta memang mudah, untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai
oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh. Jika saja kehadiran cinta sekedar untuk mengecewakan, lebih baik cinta itu tak pernah hadir.

Thursday, November 25, 2004

intermezzo 4

Bagaimana Rasanya Punya Teman ?


Bagaimana rasanya punya teman? Ah, mungkin itu tidak pernah terpikirkan oleh kita sampai suatu saat dimana kita kehilangan seorang teman..

Kita lebih tahu apa itu sehat ketika kita sakit
Kita lebih mengerti apa itu gembira ketika kita sedih
Begitu juga kita baru menghargai teman ketika kita merasakan kehilangan teman.

Ketika kita tidak bisa lagi mencela teman dengan candaan-candaan konyol
Ketika kita tidak bisa lagi mengingatkan dia akan kekeliruan yang dia buat
Ketika kita tidak bisa lagi menertawakan kekurangan kita masing-masing bersama-sama
Ketika tidak ada seseorang yang bisa kita bawakan makan siangnya, yang bisa kita tampung keluh kesahnya, yang bisa tetap memberi kita dukungan ketika semua orang tidak mempercayai kita..

Ketika semua hal itu hilang, kita baru tahu bagaimana rasanya punya teman...
Coba saja kalau kita mau belajar.
Untuk dari sekarang menghargai teman kita: teman di rumah, teman di tempat kerja, teman dekat, teman dimana saja..dan terutama juga teman hidup..


intermezzo 3

Menjadi dewasa ternyata sangatlah sulit ya, tidak semudah yang sering dibicarakan orang. Mencoba menjadi manusia yang bertanggungjawab... Mencoba berusaha untuk menerima dengan hati yang lapang, dan mencoba untuk tetap tersenyum, apapun hasil yang akan diputuskan....

Apalagi mencoba dewasa dalam bercinta atau berhubungan dengan kekasih hati kita, sangatlah sulitnya.... Dewasa dalam bercinta, berarti mencoba menerima dan menyamakan antara hati
dengan pikiran kita... Tetapi mengapa ketika dalam cinta sudah timbul suatu perbedaan, hati dan pikiran kita tidak dapat berjalan seiringan lagi..

Mengapa lebih banyak pikiran yang berkuasa, mengapa egoisme menutupi hati nurani kita. dan mengapa kita selalu mengambil keputusan untuk me-nomorduakan suara hati kita...

Akhirnya, ketika suatu hubungan sudah berakhir, baru kita mengaduh, mengaca dan mendengar hati nurani kita.. Memang sih tidak pernah ada kata terlambat, tapi apabila kita mencoba untuk dewasa, dengan menerima dan menyamakan antara hati dengan pikiran sedari awal, tentunya hubungan akan berjalan dengan baik, dan apapun hasil yang diputuskan, kita tetap akan bisa tersenyum, dan menerimanya dengan hati yang lapang dan penuh dengan keikhlasan...

Mulai saat ini, marilah kita mencoba untuk menjadi dewasa..

intermezzo 2

Apa yang bisa kita perbuat pada masa lalu?

Bahkan pada sedetik yang telah lewat pun, tidak ada yang dapat kita lakukan.

Apa yang terjadi di waktu yang terdahulu, tidak dapat kita ulang lagi..

Dan di antara semua yang terjadi di masa lalu, ada khilaf, ada salah, ada kekeliruan, ada banyak kesalahan-kesalahan entah yang kita ucapkan ataupun yang tidak kita ucapkan...

Hanya ada dua hal yang bisa kita lakukan : melupakannya atau mengambilnya sebagai pelajaran.....

Karena dengan begitu kita bisa terbang bebas memasuki gerbang waktu berikutnya yang sangat indah ..

Yaitu gerbang waktu yang penuh hikmah dan ampunan ..

Dan, nikmat terbesar yang pernah kita rasakan, adalah ketika seseorang yang kita sakiti, mau menerima permintaan maaf dari kita....

Oh.... betapa indahnya apabila kita saling memaafkan.....

intermezzo 1

Salam Dari Alam

Coba Anda intip di jendela dan lihatlah ke atas awan.
Ada matahari yang sedang tersenyum cerah. betapapun muramnya mungkin suasana malam yang telah lalu .

Ada semburat cahaya terang dari langit . betapapun gelapnya suasana malam kemarin ..
Ada keramaian aktivitas di sudut-sudut jalan . betapapun sepinya suasana tadi malam ..

Semuanya berganti bergiliran .
Yang cerah menggantikan yang muram
Yang terang menggantikan yang gelap
Yang ramai mengisi gilirannya untuk mengganti yang sepi
Semuanya ada waktunya.
Semuanya ada gilirannya.
Semuanya terjadi begitu sempurna
Begitu halnya dengan Anda dan saya, begitu halnya dengan apa yang Anda lakukan dan yang saya lakukan..

Semuanya ada waktunya, ada tempatnya, ada gilirannya.